Headlines News :

Software untuk Kuliah Teknik Industri

Seorang teknik industri adalah seorang yang berhadapan dengan sistem. Mereka mempunyai kemampuan untuk merancang, mengimplementasi, maupun meningkatkan sebuah sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, informasi, atau energi. Seorang teknik industri dapat menemukan cara yang lebih baik dalam hal apapun. Kata kunci teknik industri adalah produktifitas, efektivitas, dan efisiensi.
Perkuliahan di jurusan teknik industri mengambil learning model proses manufaktur, yakni sebuah aktivitas yang mencakup proses penentuan bahan baku, produksi, hingga dipasarkan. Ada tiga komponen inti penyusun kompetensi seorang teknik industri. Yakni production engineering, human engineering, dan operation science. Komponen tersebut saling melengkapi dan tidak bersifat meniadakan satu sama lain. Berikut adalah beberapa software yang bermanfaat dan sering digunakan dalam proses belajar mengajar atau perkuliahan teknik industri.
1.   Sistem Produksi
win-qsbBeberapa software terkait yakni winQSB dan MPS (dalam bentukmicrosoft excel). Modular dalam winQSB yang terkait antara lainagregate planning, forecasting, inventory theory and system, job scheduling, dan material requirements planning (MRP). Strategic Forecasting juga merupakan salah satu alat bantu untuk peramalan komputer.
pomSoftware lain yang terkait untuk quantitative methods, production, danoperation management adalah POM for Windows dan QM for Windows.
2.   CAD-CAM (Computer Aided Design – Computer Aided Manufacturing)
cad
Menggambar mesin (menggambar teknik), desain gambar alat ergonomis, hingga simulasi proses permesinan bisa dilakukan dengan bantuan beberapa software berikut ini, AutoCADSolidworksCatiaEmcodraft (bersifat under DOS), dan MasterCam.
3.   Simulasi
simulasi
Proses simulasi secara spesifik baik untuk aktivitas permesinan, antrian dan lainnya dapat dilakukan dengan bantuan Promodelstellai-thinkArena,DynamoVensim (Ventana Simulation), Powersimsimul8.comawesimGPSS,SIMANSIMSCRIPT II.5SLAM II hingga modular Simquick yang terdapat dalammicrosoft excelBahasa C/C++, pascal, fortran, Basic juga dapat digunakan untuk membuat alat bantu simulasi.
4.   Pemodelan Visual
visual
Proses pembuatan diagram alir (flow chart), peta proses operasi, peta tangan kanan dan tangan kiri, DFD (data flow diagram), ERD (entity relationship diagram), IDF 0, OOD (object oriented diagram) serta diagram lainnya dapat dibuat dengan bantuanMicrosoft Visio. Adapun software lainnya yang spesifik untuk membuat pemodelan visual sebuah sistem informasi hingga dapat secara otomatis dibuat database adalahSybase Power Designer. Sedangkan untuk membuat pemodelan dengan bahasaunified modelling language (UML) adalah Rational Rose. Bahasa UML bermanfaat untuk pembuatan sistem informasi.
5.   Mind Mapping
VisualMind_wmMind mapping juga merupakan pemodelan yang bersifat visual atau simbol. Lebih banyak digunakan untuk permasalahan yang menyangkut manajemen dan organisasi. Metode mind mapping merupakan metode yang diperkenalkan oleh seorang pakar bernama Tony Buzan pada tahun 1970 (bersifat licensed). Metode tersebut akan melatih untuk memecahkan masalah dengan memetakan seluruh komponen yang terlibat. Tetapi bukan pada takaran yang bersifat teknis. Beberapasoftware yang bisa digunakan untuk membuat mind mapping secara instant antara lainiMindMap, freemindVisual Mind dan Mind Manager.
6.   Database
databasePembuatan database dapat memanfaatkan Microsoft AccessmySQL, dan Oracle.Pembuatan laporan dalam database sebuah sistem informasi bisa dengan bantuanSeagate Crystal Report.

7.   Sistem Informasi
siUntuk membuat antarmuka atau interface dan programming sebuah sistem informasi dapat dilakukan dengan beberapa bahasa pemrograman seperti bahasa C, basic dan delphi. Aplikasi yang sering dipakai antara lain Microsoft Visual BasicFoxPro, danBorland Delphi. Semua jenis sistem informasi dapat dibuat dengan software-softwaretersebut, baik yang bersifat transaksional, office, SIM (sistem informasi manajemen), DSS (Decision Support System) hingga sistem yang bersifat expert (sistem pakar atau AI/artificial intellegence)Sedangkan software lain yang bersifat ERP (Entreprise Resources Planning), dimana mencakup semua sistem informasi di semua aktivitas organisasi/perusahaan, yang cukup terkenal adalah SAP (System Apllication and Products). Merupakan software berlisensi yang cukup mahal, pabrikan asli dari Jerman. Juga bersifat modular untuk pelatihannya, mulai dari sesi fundamental, modul akuntansi, sales and distribution (SD), warehouse. Sedangkan versi lain dari ERP & CRM (Customer Relationship Manager) yang bisa diunduh dan diimplementasikan secara freeadalah Compiere. Dimana perusahaan penyedia dan pabrikan aslinya hanya menjual cara instalasi dan pelatihan / training.
Untuk membuat aplikasi web yang mendukung sistem informasi, kini sudah tersedia berbagai program aplikasi yang mudah digunakan daripada menggunakan bahasa pemrograman web seperti bahasa html, xml, asp hingga php. Kini sudah tersedia aplikasi mudah untuk membuat web dengan CMS (Content Management System) seperti JoomlaphpTriadphpNuke dan WordPress.
Khusus membuat sistem informasi geografis dapat menggunakan ArcGIS, MapInfoatau ArcView.
8.   Bahasa Pemrograman
program
Penting untuk pembelajaran kuliah bahasa pemrograman atau algoritma pemrograman. Untuk pembelajaran dasar, umumnya digunakan bahasa pemrograman yang bersifat dasar dengan bahasa pascal melalui Turbo Pascal. Dahulu awalnya bahasa tersebut dipelajari dengan aplikasi berbasis under DOS. Tetapi sudah ada yang berbasiswindows yakni Turbo Pascal Windows (TPW). Sedangkan bahasa lain yang bisa dipergunakan mulai dari bahasa basic, C, hingga Java. Sedangkan untuk proses matematik yang lebih rumit dapat juga dipergunakan Matlab dan Maple. Dan untuk algortima genetik, dapat menggunakan aplikasi software GA (Genethic Algorithme)
9.   Manajemen Proyek
projeckAda 4 metode dasar penjadwalan dalam manajemen proyek. Yakni dengan Gant Chart, PERT (Program Evaluation and Review Technique), CPM (Critical Path Methode) dan Preseden Diagram. Software winQSBdapat digunakan untuk aplikasi manajemen proyek karena terdapat modular network modeling dan PERT_CPM. Sedangkan software lain yang lebih familiar adalah Microsoft Project dan Primavera Project Manager.
10.  Manajemen Kualitas
Modular dalam winQSB yang terkait dengan materi mengenai kualitas adalahacceptance sampling analysis dan quality control chart.
11.  Statistik
statMateri kualitas erat kaitannya dengan statistik. Untuk olah data statistik bisa menggunakan SPSS, LisrelMinitab, dan Amos 3. Amos adalah program aplikasi untuk metode statistik yang disebut Structural Equation Modelling (SEM). Amos cukupuser friendly namun juga powerfu, dan saat ini telah terintegrasi dengan SPSS.
meTerkait dengan aplikasi untuk statistik, ada juga softwareuntuk pembelajaran materi pemasaran. Yakni aplikasiMarketing Engineering (ME). Ada yang versi terintegrasi dengan Microsoft Excel dan ada juga yang versi classic.Kemanfaatannya bisa untuk operasi seperti cluster analysisdan conjoint analysis. Software tersebut diperkenalkan oleh Gary L. Lilien and Arvind Rangaswamy.
12.  Perancangan Tata Letak dan Fasilitas
Dalam winQSB terdapat modular yang bisa digunakan untuk materi perancangan tata letak, yakni facility location and layout. Software lain adalah VIP-planotp.
13.  Riset Operasi
ro
Materi ini cukup luas. Bisa dikategorikan salah satu bentuk dalam analisis keputusan, yang mana bisa memakai winQSB atau Expert Choice. Modular dalam winQSB yang terkait antara lain dyanamic programming, goal programming, linier and integer programmingmarkov process, nonlinier programming, quadratic programming, queuing analysis, dan queuing system simulation.  Selain itu, dapat pula digunakan Solver yang tersedia dalam Microsoft ExcelLindoPOM for WindowsQM for Windows dan Lingo.
Untuk keterangan lebih detail dapat dicari informasinya di beberapa situs search engine.
sumber:http://nurrahmanarif.wordpress.com/2009/10/11/software-untuk-kuliah-teknik-industri/
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2013. Kamus Industri | Informasi Seputar Teknik Industri - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger