Headlines News :
Home » , , , » EFEK DARI PRAKTEK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KINERJA CABANG MNC DI RUSIA

EFEK DARI PRAKTEK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KINERJA CABANG MNC DI RUSIA

* Dalam studi ini mengkaji hubungan antara Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan kinerja dari 101 cabang yang dimiliki Rusia. Pada dasarnya pembahasan ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan mempraktekkan manajemen sumber daya manusia dalam 101 cabang MNC di rusia berdampak positif dalam performa kinerja para pegawai atau malah sebaliknya tidak berpengaruh signifikan dengan kinerja karyawan. Manajemen Sumber Daya Manusia sendiri untuk memanajerial perusahaan keseluruhan dan bukan hanya diperuntunkan untuk karyawan saja.
Hasil penelitian ini memberikan dukungan untuk pernyataan bahwa investasi dalam praktek MSDM secara substansial dapat membantu perusahaan berperforma lebih baik. Lebih lanjut, berbeda MSDM secara praktik manajerial dan non-manajerial karyawan ditemukan hubungan dengan kinerja perusahaan. Namun, hanya dukungan terbatas diperoleh untuk hipotesis hubungan antara upaya menyelaraskan praktek dari MSDM dengan strategi perusahaan dan kinerja anak perusahaan.

* Pendahuluan
Pada dasarnya karyawan sangat berperan penting dalam meningkatnya produksi dalam suatu perusahaan. Karyawan menciptakan satu sumber penting dari keuntungan kompetitif untuk MNC sendiri. Dalam satu cabang MNC jika bisa mengadopsi bagaimana memanajemen Sumber Daya Manusia yang ada maka akan berdampak pada bertambahnya kinerja organisatoris dalam satu cabang MNC sendiri.
Selain berkontribusi pada pemahaman tentang dampak MSDM di luar negeri terhadap kinerja anak perusahaan di Rusia, proyek penelitian saat ini juga dapat membantu dalam pembahasan pertanyaan yang lebih luas tentang bagaimana mengelola sumber daya manusia di anak perusahaan yang berlokasi di lingkungan yang berbeda.

* Metode Pengukuran dan Tipe Penelitian
395 daftar perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di Rusia dibangun berdasarkan daftar Finlandia, Swedia, AS, Jerman, dan perusahaan-perusahaan Inggris yang beroperasi di Rusia. Untuk menjadi bagian dari daftar, perusahaan harus aktif, memiliki sedikitnya 15 karyawan, telah beroperasi di Rusia selama paling sedikit tiga tahun, dan berada di Moskow atau St Petersburg. Kerjasama dengan minimal 80% kepemilikan asing diperlakukan sebagai perusahaan asing untuk penelitian ini karena dalam prakteknya telah menemukan bahwa mereka cenderung dikelola sebagai milik asing anak perusahaan yang sepenuhnya (Makino 1995). Dari 395 perusahaan, hanya 361 perusahaan dapat dihubungi. Dengan demikian, tiga puluh empat perusahaan telah pindah ke bagian lain di Rusia atau pergi keluar dari bisnis sejak daftar telah dibuat.
Metode penelitian disini dilihat dari :
a. Dimensi Sistem MSDM
b. Pengembangan Karyawan
c. Pay/ Organisasi
d. Sistem Umpan Balik
Proses penilaian prestasi kerja juga menyediakan umpan balik tentang efektifitas fungsi manajemen personalia. Penilaian prestasi berfungsi sebagai suatu “Quality Control”. Bila proses penilaian menunjukkan bahwa prestasi kerja jelek tersebar luas, banyak karyawan tidak memenuhi syarat keputusn penempatan-penenpatan internal. Mereka tidak akan dipromosikan atau dipindahkan, bahkan diberhentikan.Terlalu banyak karyawan yang berprestasi jelek bisa mencerminkan kesalahan-kesalahan pada salah satu atau beberapa fungsi manajemen personalia.
e. Keselarasan Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia
* Analisis Pengolahan Data
Sebagai kesimpulan, praktek MSDM ini memberikan kontribusi pada pengembangan dari manajer Rusia dan karyawan lainnya yang diharapkan akan memberikan dampak positif untuk perusahaan. Akibatnya maka muncullah hipotesis-hipotesis dibawah ini :
· Hipotesis 1a: Sebuah hubungan positif ada antara tingkat perusahaan mengembangkan perusahaan manajerial karyawan dan kinerja perusahaan.
· Hipotesis 1b: Sebuah hubungan positif ada antara tingkat perusahaan mengembangkan perusahaan non-manajerial karyawan dan kinerja perusahaan.
· Hipotesis 2a: Sebuah hubungan positif ada antara praktek HRM manajerial mempengaruhi desain kerja dan sistem reward yang sesuai, dan kinerja perusahaan
· Hipotesis 2b: Sebuah hubungan positif ada antara manajerial HRM praktek non- mempengaruhi desain kerja dan sistem reward yang sesuai, dan kinerja perusahaan
· Hipotesis 3a: Sebuah hubungan positif ada antara praktek HRM manajerial memfasilitasi umpan balik dan kinerja perusahaan.
· Hipotesis 3b: Sebuah hubungan positif ada antara manajerial HRM praktek non- mefasilitasi dan kinerja perusahaan umpan balik
· Hipotesis 4. Semakin banyak efek dilakukan untuk menyelaraskan praktek HRM dengan strategi perusahaan, semakin baik kinerja perusahaan.

Dari hipotesa-hipotesa yang ada diatas, langkah – langkah yang perlu dilakukan yaitu menentukan :
· Variabel Independen
· Dependent Variabel
· Variabel Kontrol

* Hasil Penelitian
Hasil dari pengkajian hubungan antara Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan kinerja 101 milik anak perusahaan asing(MNC) di Rusia melalui hipotesis-hipotesis yang muncul telah merumuskan bahwa ada 3 faktor:
1. Development
2. Feedback
3. Pay/Organization

Pengimplementasian Manajemen SDM akan memberikan berbagai manfaat bagi kegiatan pengorganisasian, antara lain :
  • Organisasi/perusahaan akan memiliki Sistem Informasi SDM yang akurat.
  • Organisasi/perusahaan akan memiliki hasil analisis pekerjaan/jabatan, berupa diskripsi dan atau spesifikasi pekerjaan/jabatan yang terkini (up-to-date).
  • Organisasi/perusahaan memiliki kemampuan dalam menyusun dan menetapkan Perencanaan SDM yang mendukung kegiatan bisnis.
  • Organisasi/perusahaan akan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas rekrutmen dan seleksi tenaga kerja.
  • Organisasi/perusahaan dapat melakukan kegiatan orientasi/sosialisasi secara terarah.
  • Organisasi/perusahaan dapat melaksanakan pelatihan secara efektif dan efisien.
  • Organisasi/perusahaan dapat melaksanakan penilaian karya secara efektif dan efisien.
  • Organisasi/perusahaan dapat melaksanakan program pembinaan dan pengembangan karier sesuai kondisi dan kebutuhan.
  • Organisasi/perusahaan dapat melakukan kegiatan penelitian/riset.
  • Organisasi/perusahaan dapat menyusun skala upah (gaji) dan mengatur kegiatan berbagai keuntungan/manfaat lainnya dalam mewujudkan sistem balas jasa bagi para pekerja

* Kesimpulan
Dari hasil kajian ini bahwasannya setelah mempraktekkan MSDM disetiap anak perusahaan asing di Rusia terdapat hubungan antara MSDM dan kinerja dari 101 cabang yang dimiliki Rusia. Dan diketahui bahwa dengan mempraktekkan manajemen sumber daya manusia dalam 101 cabang MNC di rusia berdampak positif dalam performa kinerja para pegawai.
Penerapan MSDM yang efektif, selain bermanfaat bagi perusahaan, juga memberikan dampak positif terhadap para karyawan, antara lain :
  • Pekerja memperoleh rasa aman dan puas dalam bekerja.
  • Pekerja memperoleh jaminan keselamatan dan kesehatan kerja.
  • Manajemen SDM memungkinkan dan mempermudah pekerja memperoleh keadilan dari perlakuan yang tidak menguntungkan.
  • Manajemen SDM memungkinkan pekerja memperoleh penilaian karya yang obyektif.
  • Para pekerja melalui Manajemen SDM akan memperoleh upah/gaji dan pembagian keuntungan/manfaat lainnya secara layak.
  • Manajemen SDM menciptakan dan memberikan suasana atau iklim kerja yang menyenangkan.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2013. Kamus Industri | Informasi Seputar Teknik Industri - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger