Headlines News :
Home » , , , » Strategi suatu percobaan

Strategi suatu percobaan

Strategi eksperimen atau perancangan eksperimen adalah pemeriksaan atau ekperimen yang dilakukan untuk oleh peneliti dari semua bidang, Biasanya untuk menemukan proses tertentu dari suatu sistem.
Perancangan eksperimen juga membahas tentang perencanaan dan pelaksanaan dari suatu eksperimen dan menganalisa hasil data yang valid dan objektif.

Stategi eksperimen ini terfokus pada percobaan-percobaan teknik , fisika, kimia, dan manufaktur. Sebagai contoh yaitu percobaan teknik metalurgi terfokus untuk meneliti efek dari perbedaan dua proses pengerasan. Strategi eksperimen juga merupakan pendekatan terhadap perencanaan dan pelaksanaan dari suatu eksperimen, dan dari beberapa strategi yang sudah dilakukan percobaan, bisa kita pakai.

Strategi eksperimen yang telah kita pakai secara ekstensif adalah pendekatan “one factor at a time” (satu faktir pada waktu yang sama), metode ini terdiri dari pemilihan suatu titik awal dari perencanaan eksperimen.

Informasi yang didapat dari suatu percobaan akan disaring dan akan mengidentifikasi suatu faktor proses kritis dan menentukan arah penyesuaianuntuk faktor ini untuk mengurangi angka cacat lebih lanjut. Dari suatu eksperimen kita bisa mendapatkan informasi tentang faktor-faktor yang perlu diperhatikandan dikontrol secara rutin untuk mencegah terjadinya cacat tingakat tinggi dan performa proses yang tidak menentu.

Perancangan statistik eksperimen mengacu pada proses perencanaan dari suatu eksperimen sehingga sesuai dengan data yangbisa dianalisa oleh metode statistik yang telah dikumpulkan dan hasilnya benar dan dapat ditarikkesimpulan yang objektif.

Blocking adalah suatu teknik disain yang dipakai untuk meningkatkan ketepatan dengan menggunakan perbandingan antar suatu faktor, metode blocking sering digunakan untuk mengurangi dan mengeliminasi variabel yang dirasa mengganggu.
Dalam menggunakan metode statistikuntukdisain dan analisa dalam eksperimen ini perlu untuk setiap orang yang terlibat didalam percobaan ini untuk memiliki gagasan yang jelas dan bersih, sehingga dapat membantu dalam proses eksperimen ini.

Kebanyakan dalam penelitian tentang teknik, ilmu pengetahuan,dan industri adalah empiris dan memiliki hasil yang cakupannya luas.
Dengan menggunakan metode statistik dapat meningkatkan efisiensi suatu percobaan, dan memperkuat suatu kesimpulan.

Suatu percobaan biasanya menggunakan ilmu pengetahuan yg luas dari berbagai bidang. Dalam beberapa bidang juga menjelaskanhubungan antara faktor tang tanggapan, didalam tipe pengetahuan nonstatistical adalah tidak ada batasan dalam memilih faktor, menentukan level faktor, dan menentukan berapa banyak replicates yang digunakan.

Dalam melakukan pendisainan dan analisa perancangan diharapkan sesederhana mungkin sehingga mndapatkan hasil yang baik. Jika kita mendisain dengan hati-hati dan penuh perhitungan maka akan mendapatkan analisa yang relative baik. Tapi berbeda jika kita melakukan disain dengan cara yang buruk maka akan sulit dalam mengatasi masalah yang komplek.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2013. Kamus Industri | Informasi Seputar Teknik Industri - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger