Headlines News :
Home » , , , , » Software Riset Operasi WINSQB Untuk Pelaku Bisnis dan Manajer

Software Riset Operasi WINSQB Untuk Pelaku Bisnis dan Manajer

Software QSB (Quantity System for business) atau umumnya juga dikenal dengan namaWINQSB (QSB yang berjalan pada sistem operasi Windows) merupakan software yang mengandung algoritma problem solving untuk riset operasi (operational research) dan untuk ilmu manajemen. Software ini dikembangkan oleh Yih-Long Chang. Software ini terdapat beberapa submodul yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan umum dalam menajemen bagi manajer dan masalah bisnis umumnya.
Aplikasi WINQSB memudahkan manajer dalam mengambil keputusan
WINQSB sendiri terdapat beberapa modul yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah masalah operation riset dan ilmu manajemen seperti analisis Sampling, Agregat dalam sistem Produksi, Analisis Keputusan, Pemrograman dinamis, goal programming, Tata letak fasilitas, peramalan permintaan, Sistem inventory, Penjadwalan kerja, Pemrograman Linier dan Integer, Pernencanaan kebutuhan material (MRP), Proses Markov, dan teori antrian.Masing-masing permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan masing-masing modular yang terdapat dalam aplikasi WINQSB ini.
Jika anda kuliah di teknik industri atau di manajemen, atau dibeberapa ilmu yang mengkaji manajerial. Saya rasa software ini wajib dipakai dan dipelajari. Apalagi untuk di dunia kerja yang sudah tidak membutuhkan rumus perhitungan, tapi lebih kearah hasil perhitungan yang benar maka software ini wajib digunakan. Tujuannya adalah menghasilkan perhitungan yang cepat dari sebuah data sehingga para pengguna seperti manajer dan pelaku bisnis langsung bisa mengambil keputusan dari hasil tersebut seketika itu juga.
Beberapa Modular di WINQSB kadang ada yang terpisah dan harus diinstall sendiri. Namun jika anda mempunyai software yang full anda bisa menggunakan semua modular yang ada. Adapun modular yang terdapat dalam WINQSB ini yaitu :
1. Acceptance Sampling Analysis
Acceptance Sampling Analysis digunakan untuk menghitung dan menganalisis penerimaan sampel dalam melakukan sampling baik itu untuk data atribut maupun data variabel. jenis Samping yang bisa dianalisis bisa meliputi Single Sampling, Double Sampling, Multiple Sampling, Sequential Sampling, Chain Sampling (ChSP-1), Continuous Sampling (CSP-1) dan Skip-lot Sampling (S kS P-2).
2. Aggregate Planning
Agregate Planning atau perencanaan agregat sering kali digunakan dalam divisi Planning Production Inventory Control (PPIC) atau dalam sistem produksi. Agregate planning yaitu menggabungkan dan mengalokasikan kapasitas produksi yang ada . Ada pun permasalahan yang terdapat dalam agregasi ini meliputi model sederhana, permasalahan transportasi, dan model Linear programming . Variabel yang dimasukkan yaitu kapasitas produksi dihitung dengan WINQSB ini dengan mengisi variabel kapasitas part-time, over time, back order, lost sales, Number of Planning Periods, Capacity Requirement per Product/Service, Initial Number of Planning Resource ,Initial lnventory, Backorder of Product/Service sehingga nanti bisa menghitung perencaan agregasi dalam sistem produksi.
3. Decision Analysis
untuk menganalisis dari beberapa alternatif keputusan yang diambil sehingga keputusan yang diambil bisa tetap. WINQSB juga bisa melakukan perhitungan seperti ini. Adapun permasalahan yang bisa dianalisis meliputi Byesian Analysis, Payoff Table Analysis, Two-player, Zero-sum Game, dan Decision Tree Analysis.
4. Dynamic Programming
Banyak permasalahan permasalahan dalam manajemen dan bisnis yang dirumuskan dalam riset operasi. Salah satunya adalah permrograman dinamis. Biasanya masalah seperti ini dalam manajemen adalah masalah transportasi logistik dan supply chain, Permasalahan Knapsack dan Masalah penjadwalan dalam produksi dan Inventaris.
5. Facility Location and Layout
meliputi algoritma untuk mendesain dan menata layout dari suatu tempat atau pabrik dengan memperhatikan material handling, stasiun kerja, kondisi lingkungan kerja dan beberapa faktor yang lain.
6. Forecasting
Melakukan peramalan terhadap data-data sebelumnya sehingga bisa memprediksi data diwaktu yang akan datang. Bisanya forecasting dalam bisnis untuk meramalkan data permintaan bulan depan, data penjualan dan target penjualan. Dengan Program WINQSB ini dapat menganalisis data untuk peramalan time series dan peramalan regresi. Masing masing peramalan mempunyai pola yang berbeda-beda.
7. Goal Programming
Goal programming merupakan perhitungan yang umum dalam riset operasi untuk bisnis. Goal programming biasanya mencari nilai optimal, maksimal atau minimum suatu perhitungan yang dirumuskan dalam perhitungan matematis. Tujuan dari goal programing adalah mendapatkan perhitungan yang optimal dengan memperhatikan beberapa sumber daya yang terbatas.
8. Inventory Theory and System
Sistem Inventori dengan WINQSB dapat menghitung nilai optimal dari penyimpanan dan penentuan jumlah lot dalam penyimpanan. Inventori mempunyai banyak metode yang masing-masing bisa berbeda tergantung dari jenis dan tipe perusahaan. Adapun yang bisa dihitung dengan software ini meliputi permintaan Economic Order Quantity (EOQ), permintaan Quantity Discount, Permasalahan Single-period Stochastic Demand (Newsboy), Masalah Multiple-Period Dynamic Demand Lot-Sizing , Sistem Continuous Review Fixed-Order-Quantity (s. Q), Sistem Continuous Review Order-Up-To (s. S), Periodic Review Fixed-Order-Interval (R. S), Periodic Review Optional Replenishment (R. s. S).
9. Job Schedulling
Job schedulling bisa melakukan penjadwalan kerja sesuai dengan jumlah sumber daya yang terbatas baik itu mesin, manusia dan jumlah operasi dalam pekerjaan. Job schedulling ini untuk mendapatkan waktu dan alokasi yang optimal.
10. Linear and Integer Programming
Linear dan Integer Programming merupakan bagian dari Riset operasi. Banyak permasalahan perusahaan yang dirumuskan kedalam Linear dan Integer programming. tujuan dari ini adalah untuk mendapatkan nilai yang optimal dengan memperhatikan keterbatasan sumber daya.
11. MarKov Process
WinQSB dapat menghitung probabilitas proses Markov yang ada. Proses Markov merupakan proses probabilatas kejadian di masa yang akan datang yang hanya dipengaruhi kondisi sesaat diwaktu sekarang.

12. Material Requirements Planning
Material Requirements Planning atau MRP merupakan hal yang penting dalam sistem produksi dan PPIC. MRP merupakan menghitung perencanaan kebutuhan kapasitas material yang ada di perusahaan yang sudah disesuaikan dengan jadwal produksi Induk atau JPS. MRP dengan WINQSB ini dapat menghitung dan merencanakan periode kedepan termasuk beberapa level material dari produk yang dibuat.
13. Network Modeling
Pemodelan jaringan dalam riset operasi.Biasanya digunakan untuk menghitung beberapa masalah yang ada seperti aliran jaringan, permasalahan transportasi, Kriteria Tujuan, Minimasi biaya, Maksimasi hasil, Permasalahan Assignment, Penentuan jalur terpendek, Permasalahan aliran maksimal, Minimal Spanning Tree, Permasalahan Travelling Salesman.
14. Nonlinear Programming
Sama halnya dengan LInear dan integer programming. Tergantung jenis model matematika. Digunakan untuk menghitung dan mencari nilai optimal.
15. PERT dan CPM
PERT adalah Program Evaluation and Review Technique. Sedangkan CPM adalah Critical Path Method. Keduanya adalah algoritma yang digunakan untuk menghitung jalur kritis dan merencanakan alokasi sumber daya dalam manajemen proyek.
16. Quadratic Programming
Sama halnya dengan LInear dan integer programming. Tergantung jenis model matematika. Digunakan untuk menghitung dan mencari nilai optimal.
17. Quality Control Chart
Quality Control Chart merupakan tools dari WINQSB untuk memantau dan menghitung dari cacat yang dihasilkan dari produksi. Tools ini membantu para Quality Control dalam menentukan dan menghitung jumlah defect yang ada sehingga proses produksi layak tidak berjalan.
18. Queuing Analysis
Analisis Antrian untuk menghitung dan menganalisis dari suatu antrian yang ada dengan kedatangan yang mempunyai tipe probabilitas yang ada. Jumlah beban dari Server yang ada dalam antrian bisa dihitung dan dianalisis sehingga layak tidak antrian tersebut. Antrian yang dianalisis meliputi untuk single line single Server, single line Multi server atau bahkan multi line multi server.
19. Queuing System Simulation
untuk menentukan sistem antrian yang ada. Empat komponen dalam teori antrian seperti populasi kedatangan pelanggan dalam jumlah yang berbeda dapat ditampilkan simulasinya.
Aplikasi WINQSB di salah satu modular
Program WINQSB ini memang bermanfaat bagi manajer dan pengambil keputusan. Namun tentunya harus mengambil dan memasukkan data data yang valid. Anda bisa mendownload atau mengunduh aplikasi ini di situsnya. Selama ini saya sering menggunakan aplikasi ini di lab sistem produksi untuk menghitung dan menganalisis riset operasi. Aplikasi ini berjalan di sistem operasi windows. Mulai dari windows 98 hingga windows seven untuk 32 bit maupun 64 bit. Sampai saat ini aplikasi ini masih belum ada versi terbaru.
Untuk panduan dan teknis detailnya anda bisa mengunjungi http://home.ubalt.edu/ntsbarsh/opre640c/partX.htm#rdeAnlQSB untuk mendapatkan panduan teknis cara menggunakan software ini. Jika kesulitan masing-masing modular dalam aplikasi WINQSB mempunyai panduan yang lengkap. Selamat mencoba.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2013. Kamus Industri | Informasi Seputar Teknik Industri - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger