Headlines News :
Home » , , , » Analisis Keputusan

Analisis Keputusan

Analisis keputusan layak dipelajari selepas mempelajari atau mengetahui tentang pemodelan sistem. Analisis Keputusan adalah sebuah metode yang memberikan dukungan kuantitatif untuk para pembuat keputusan di semua bidang termasuk insinyur, analis dalam perencanaan kantor dan lembaga-lembaga publik, konsultan manajemen proyek, proses manufaktur perencana, analis keuangan dan ekonomi, ahli penunjang medis / diagnosis teknologi, dll. Seorang pengambil keputusan haruslah memperhatikan hal-hal seperti : logika, realita, rasional, dan pragmatis.
Beberapa teknik dalam mengambil keputusan dapat diilustrasikan dalam tabel berikut ini:
Certainty : Jika semua informasi yg diperlukan untuk membuat keputusan diketahui secara sempurna & tdk berubah
Risk : Jika informasi sempurna tidak tersedia, tetapi seluruh peristiwa yg akan terjadi besarta probabilitasnya diketahui
Uncertainty : Jika seluruh informasi yg mungkin terjadi diketahui, tetapi tanpa mengetahui probabilitasnya masing-masing
Conflict : Jika kepentingan dua atau lebih pengambil keputusan berada dalam pertarungan aktif diantara kedua belah pihak.
Berikut referensi buku tentang Analisis Keputusan :
Canada, J.R. and W.G. Sullivan. Economic and Multiattribute Evaluation of Advanced Manufacturing Systems, Prentice Hall Inc., New Jersey.
Golub, A., L., Decision Analysis An Integrated Approach, John Wiley and Sons, New York.
Bazerman, M., H. Judgment in Managerial Decision Making. Fifth Edition. John Wiley and Sons, New York.
Marshal, K.T and Oliver, R.M. Decision Making and Forecasting. McGraw-Hill, Inc. New York.
Guritno, A., J & Purnomo, H. Analisis Keputusan. Jurusan Teknik Industri UII.
Untuk mempelajari detail setiap metode dalam tabel di atas, perlu digambarkan lebih lanjut. Karena tabel di atas hanyalah gambaran secara umum dan sebuah pengantar tentang Analisis Keputusan. Di posting berikutnya akan dilanjutkan pembahasannya, supaya lebih jelas dan mudah dipahami sehingga bisa diambil kemanfaatannya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2013. Kamus Industri | Informasi Seputar Teknik Industri - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger