Headlines News :
Home » , , » Model Simulasi dengan ARENA

Model Simulasi dengan ARENA

http://www.vivaceproject.com/showcase_html/supply%20chain%20simulation/Create%20Arena%20model_image3.gifPerancangan sistem kerja pada proses produksi di suatu perusahaan atau lantai produksi sangatlah diperhitungkan. Dalam lantai produksi khususnya alur dari input dan output suatu produk akan terlihat apakah sesuai dengan yang direncanakan atau yang di inginkan. Waktu yang diperlukan untuk memproses suatu produk maupun alur produksi yang diterapkan menjadi kunci awal dari proses tersebut apakah sesuai dengan waktu yang ditentukan atau tidak. Persoalan waktu pengerjaan atau waktu proses yang berjalan harus sesuai dengan yang direncanakan. Jika tidak tepat dengan yang direncanakan pastinya akan terjadi delay atau waktu menunggu. Menunggu merupakan persoalan yang sangat krusial yang biasa terjadi apabila kebutuhan akan suatu pelayanan melebihi kapasitas yang tersedia untuk penyelenggaraan pelayanan itu. Hal ini dapat dilihat ketika terjadi baris tunggu dari konsumen, komponen atau mesin-mesin yang sedang menunggu pelayanan, karena pada saat itu terjadi penumpukan yang harus diproses.

Persoalan menunggu dalam lantai produksi maupun layanan yang berkaitan langsung dengan konsumen, komponen atau mesin-mesin harus segera di pecahkan. Karena menunggu merupakan antrian proses produksi atau layanan yang membutuhkan penyelesaian serta solusi yang optimal. Fasilitas pelayanan umum dimana masyarakat atau barang akan mengalami proses antrian dari kedatangan, memasuki antrian, menunggu, hingga proses pelayanan berlangsung merupakan sebagian contoh dimana dapat dimungkinkan akan terjadi antrian.

Simulasi sistem merupakan langkah dimana mensimulasikan suatu proses dilantai produksi. Apakah model yang diterapkan akan sejalan dengan elemen-elemen penyusunnya. Model simulasi (Computer Simulation Model) merupakan suatu bagian dari riset operasi yang berfungsi untuk mempelajari kondisi system sesungguhnya dengan ruang lingkup luas yang menggunakan desain tiruan yang dihasilkan oleh suatu software simulasi. Software simulasi yang sering digunakan yaitu ARENA. Software simulasi Arena merupakan alat yang fleksibel dalam analisis untuk membuat model simulasi animasi yang secara akurat merepresentasikan secara virtual banyak sistem.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2013. Kamus Industri | Informasi Seputar Teknik Industri - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger