Headlines News :
Home » , , , , , » Queue simulation in the Port

Queue simulation in the Port

simulasi antrian pelabuhanBeberapa waktu lalu, kabar berita antrian kendaraan terutama angkutan barang sejenis truk di Pelabuhan Merak Banten cukup menjadi hot isu. Kabarnya sampai sekarang juga masih belum terselesaikan dengan baik. Mestinya, dilihat dari segi aspek dasar simulasi antrian, hanya ada dua (2) kemungkinan besar akar masalahnya. Pertama, waktu pelayananserver yang terlalu kecil alias lambat. Kedua, jumlahserver terlalu sedikit jika diasumsikan waktu pelayanannya telah optimal. Server yang dimaksud dalam case ini tentu adalah pelayanan di sistem pelabuhan terkait dengan antrian kendaraan. Waktu pelayanan mulai dari kendaraan masuk untuk diproses dokumen dan semacamnya, perjalanan menggunakan angkutan laut, hingga waktu yang dibutuhan angkutan laut untuk kembali ke pelabuhan semula dan siap melayani kembali.
Kedua kajian sebab atau akar masalah ini harus dianalisis secara keseluruhan untuk menentukan satu penyebab yang lebih dominan ditinjau dari berbagai aspek termasuk ekonomi. Analisis tersebut bisa dilakukan dengan simulasi diskret. Dengan bantuan software simulasi atau membuat simulasi dari nol dengan bahasa pemrograman. Setelah ditemukan mana penyebab yang lebih dominan, maka analisis diagram tulang ikan dapat membantu untuk menurunkan masalah di tiap aspek agar lebih detail. Analisis menggunakan simulasi bisa lebih baik dilakukan terlebih dahulu daripada tergesa-gesa menyimpulkan bahwa solusi yang harus segera dilakukan adalah memperlebar jalan antrian dengan harapan antrian tidak menumpuk. Kalau langkah itu dilakukan, maka hanya akan memotong panjangnya antrian kendaraan. Secara kuantitas, kendaraan yang menunggu untuk dilayani tidak berkurang. Karena distribusi kedatangan kendaraan yang bersifat distribusi poisontentu lebih sulit dikontrol.
Alasan klise yang akan jadi penghambat utama di negri ini dalam mengembangkan kebijakan strategi manajemen transportasi dan ekonomi adalah anggaran. Dan untukcase antrian pelabuhan tersebut, barangkali komunikasi dengan pihak ketiga macam perusahaan-perusahaan yang beroperasi di pelabuhan masih minim kerjasama. Karena dari komunikasi itulah sebetulnya bisa digali skema investasi lain untuk mendapatkan anggaran jika masih kurang, dan jika memang untuk berhutang sudah tidak memungkinkan.

Sumber: http://nurrahmanarif.wordpress.com/2011/03/11/simulasi-antrian-di-pelabuhan/
Share this article :

2 comments:

 
Copyright © 2013. Kamus Industri | Informasi Seputar Teknik Industri - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger